Friday, July 20, 2012

Bacaan Doa Niat Sahur dan Buka | Sesuai Sunnah

Apa Saja Bacaan Doa Niat Sahur dan Buka Puasa | Yang Sesuai Sunnah Rosul
Assalamu'alaikum.
Bacaan Doa Niat Sahur dan Buka | Sesuai Sunnah
Sobat infohargaterbaru.blogspot.com, kita sebagai seorang muslim diharuskan berniat sebelum melakukan amalan syariat Islam, ada yang di lafalkan dengan bacaan yang jelas dan ada juga yang tidak di lafalkan, dan hanya menjadi niat di hati saja. Berhubung saat ini bulan Ramadhan 1433 H, saya ingin membagikan bacaan doa niat sahur dan berbuka puasa, bagaimana sih tuntunan doa yang sesuai sunnah Rosul, 
1. Bacaan Doa Niat Sahur.
Jika telah masuk bulan Ramadhan, wajib bagi setiap muslim untuk berniat puasa pada malam harinya, karena Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :
"Barangsiapa yang tidak berniat puasa sebelum fajar, maka tiada baginya puasa itu". [Riwayat Abu Dawud, Ibnu Khuzaimah, dan Al Baihaqi, dari Hafshah binti Umar]
Niat itu, tempatnya berada di hati. Sedangkan melafalkannya, termasuk amal bid'ah. Berniat puasa pada malam hari, ini khusus untuk puasa wajib saja. Dan menurut kesepakatan ulama dulu, bahwa lafal doa niat sahur adalah tidak ada, dan yang ada sekarang adalah bukan dari contoh Rosul.
2. Bacaan Ketika Berbuka.
Berdoa ketika berbuka termasuk dari doa-doa yang mustajab, sebagaimana disabdakan Rasulllah Shallallahu 'alaihi wa sallam :
"Ada tiga doa yang mustajab, (yaitu): doanya orang yang berpuasa, doanya orang yang terzhalimi dan doanya para musafir". [HR Al Uqaili].
Sebaiknya berdoa dengan doa:
"Dzahabadzhdzhomau, wabbtalatil'uruq, watsabatal ajjru insyaALLOH"
"Mudah-mudahan hilang dahaga, basah otot-otot dan mendapat pahala, insya Allah".
Nah sobat info mania, tidakkah kita ingin amalan puasa Ramadhan kita diterima kali ini oleh ALLOH ?!, ikutilah syariat-NYA yang disampaikan melalui Rosul, dan kita wajib mengikuti Rosul dengan benar, jika tidak ada amalan pada beliau, sebaiknya dan lebih benar adalah ditinggalkan.
Demikian yang sedikit ini semoga membantu sobat dalam memahami Bacaan Doa Niat Sahur dan Buka | Sesuai Sunnah, ALLOHUA'LAM.

No comments:

Post a Comment