Monday, June 25, 2012

Cara Mencari NISN SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA Negeri / Swasta

Cara Mencari NISN Untuk SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA Negeri maupun Swasta
Assalamu'alaikum.
Cara Mencari NISN SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA Negeri / Swasta
Apa sih NISN itu ? NISN adalah sebuah sistem layanan dari kemendiknas untuk pengelolaan nomor induk siswa secara nasional. NISN adalah bagian dari program DAPODIK (data pokok pendidikan). Layanan NISN terkomputerisasi secara online dan akan bekerja secara otomatis sesuai entry yang dimasukkan.
Nomor Induk Siswa Nasional untuk siswa-siswi atau murid SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA baik swasta maupun negri ini dapat dilihat di situs NISN di http://nisn.jardiknas.org. Namun nampaknya situs resminya ini saat ini sedang tidak bisa di akses, alias sedang gangguan.
Tujuan dari NISN ini adalah untuk mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan. 
Untuk bapak / ibu kepala sekolah atau siswa siswi yang mau melihat data NISN harus mendaftar dulu untuk mendapat akun DAPODIK.
Bagaimana cara melihat NISN kita ?
Adapun langkahnya sebagai berikut:
1.  Buka situs http://nisn.jardiknas.org/ atau masuk ke google, ketik saja nisnn, maka akan tampil halaman awal situs ini:
2. Pilih Data Siswa, maka akan muncul pilihan untuk mengisi; Propinsi, Kota/Kabupaten, Jenjang, dan Status Sekolah. Semuanya baris harus terisi jangan sampai ada yang kosong, agar data bisa muncul. Setelah semua terisi, klik Lihat Daftar.
3. Maka akan tampil halaman daftar sekolah SMK Kota/Kabupaten anda, sebagai contoh SMKN2 Kebumen. Anda tinggal memilih pada status Negeri/Swasta, terus anda memilih sekolah, pada daftar SMKN2 Kebumen ada di no.6. Klik SMKN2KEBUMEN.
4. Setelah muncul daftar siswa, anda tinggal memilih Tingkat/Kelas ; Semua, 10, 11, atau 12 Data per halaman yang akan ditampilkan ; 50, 100 atau 200. Sebagai contoh penulis memilih Tingkat ; Semua, Data per halaman ; 200 maka dilayar akan tampil daftar siswa SMKN2 Kebumen yang sudah mempunyai NISN.
5. Selesai, anda tinggal mencatat atau mendownload NISN anda. Jangan lupa NISN anda sangat penting. Siswa dan Sekolah diharapkan selalu mengupdata Data siswa, terutama siswa tingkat 10 agar nantinya di tingkat 12 siswa dan sekolah tidak banyak mengalami kendala dan hambatan.
source : http://iskandar1.wordpress.com
Terima kasih sobat udah sempat baca  Cara Mencari NISN SD, MI, SMP, MTS, SMA, SMK, MA Negeri / Swasta disini, semoga bermanfaat, dan jangan lupa tunggu kabar dari infohargaterbaru.blogspot.com terkini selanjutnya !

No comments:

Post a Comment